01/11/2016

Manajemen Pemasaran

Yusuf Hilmi
8335155016
UTS Manajemen Pemasaran
==================================================================
1.      Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!
Jawab :
·         Definisi Pemasaran
Pemasaran (marketing) adalah suatu aktivitas yang bertujuan mencapai sasaran perusahaan, dilakukan dengan cara mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau klien serta mengarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan atau klien dari produsen.
·         Perubahan teori dalam pemasaran
Dari masa revolusi industri hingga tahun 1920-an, kebanyakan perusahaan berada dala era produksi. Era produksi merupakan suatu waktu ketika sebuah perusahaan berfokus pada produksi beberapa produk spesifik.sekitar tahun 1930, kebanyakan perusahaan di negara-negara industri barat telah memiliki kapabilitas produksi yang lebih besar dibandingkan semebelumnya. Namun seiring peningkatan produksi yang semakin banyak, timbul permasalahan kompetisi dan membangun ikatan kepada pelanggan. Masalah ini membuat banyak perusahaan memasuki era penjualan.Era penjualan merupakan suatu waktu ketika sebuah perusahaan lebih menekankan penjualan dikarenakan meningkatnya kompetisi.
sejak tahun 1960, kebanyaka perusahaan telah membangun cara pandang bidang pemasaran.Era Perusahaan Pemasaran adalah suatu waktu ketika, selain membuat perencanaan jangka pendek, orang-orang pemasaran menyusun rencana jangka panjang-terkadang lima tahun atau lebih ke depan dan seluru upaya berdasarkan konsep pemasaran.

 ·         Konsep Pemasaran



terdiri dari tiga dasar yang mencakup :


a.       Kepuasan Pelanggan memandu keseluruhan system


“berikan pelanggan hal yang mereka butuhkan” tampaknya terlalu jelas hingga sulit bagi kita untuk membayangkan mengapa konsep pemasaran membutuhkan perhatian khusus, Namun, manusia tidak selalu melakukan hal yang logis, khususnya jika hal tersebut berarti mengubah apa yang telah mereka lakukan sejak masa lalu.


b.      Upaya Total Perusahaan


Upaya Total yang dilakukan perusahaan diantaranya: (1) Pengembangan produk baru, namun banyak factor dapat memberi dampak terhadap keberhasilan upaya tersebut.(2)Basis data pelanggan, merupakan variasi pendekatan pengelompokan didasari metode hubungan pelanggan dengan manajemen (Customer Relationship Management-CRM).perusahaan dapat menajamkan upaya pemasaran melalui informasi dari suatu basis data pelanggan yang detail.(3) Distribusi yang selektif kepada saluran anggota distributor yang agresif


c.       Keuntungan-Bukan Hanya Penjualan sebagai Sasaran


Seringkali dampak keuntungan signifikan dari hubungan yang akrab antara pemasok dan perusahaan pelanggan.banyak perusahaan mengurangi jumlah pemasok dengan siapa mereka bekerja dengan harapan yang lebih besar sebagai ganti dari pemasok yang tersisa.hal tersebut merupakan dampak positif kerjasama dalam bentuk kemitraan.



2.   Jelaskan bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja
      (jika belum bekerja tempatnya adalah di kampus)!

Saya merupakan karyawan yang bekerja di salah satu perusahaan property terbesar di Indonesia, dan produk utama kami yaitu menjual berbagai macam bentuk property, strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan saya bekerja, yaitu seperti dasar konsep pemasaran terkait “Upaya Total Perusahaan”, perusahaan melakukan upaya yang maksimal dalam memasarkan produknya dengan berbagai cara diantaranya :

a.       Menjalin hubungan baik dengan relasi-relasi marketing di bebagai wilayah untuk memaksimalkan pemasarannya

b.      Mengadakan berbagai macam program jaminan terkait kualitas maupun investasi yang menjanjikan kedepannya

c.       Mengadakan Program Komisi atas Penjualan baik untuk agent marketing maupun kepada pihak konsumen yang mampu mendapatkan konsumen lain untuk membeli property yang kami jual.

d.       Menjalin hubungan baik dengan mendata setiap pelanggan secara khusus.

3.      Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!

·         Definisi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran menyeluruh perusahaan tercermin dalam rencana strategi pemasaran perusahaan (Corporate Marketing Plan) yang disusun. Rencana strategi pemasaran perusahaan adalah suatu rencana pemasaran jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan program pokok dibidang pemasaran perusahaan pada suatu jangka waktu tertentu dalam jangka panjang dimasa depan.

Ciri penting rencana strategis pemasaran perusahaan ini adalah sebagai berikut:

a.       Titik-tolak penyusunannya melihat perusahaan secara keseluruhan

b.      Diusahakan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh

c.       Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan

d.      Jadual waktu/timing yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan, dan

e.       Penyusunan rencana dilakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan yang dihadapi.

·         Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran Perusahaan

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran pada suatu perusahaan adalah

 1. Lingkungan mikro perusahaan Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, yaitu: (1)Perusahaan (2)Pemasok (Supplier) (3)Para Perantara Pemasaran (4)Para Pelanggan (5)Para Pesaing (6)Masyarakat Umum

2. Lingkungan Makro Lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro dalam perusahaan, yaitu:

(1) Lingkungan Demografis/Kependudukan (2) Lingkungan Ekonomi (harga barang)(3) Lingkungan Fisik (Lingkungan fisik menunjukkan kelangkaan bahan mentah tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan) (4) Lingkungan Teknologi (Media Sosial) (5) Lingkungan sosial/budaya Lingkungan.

·         Strategi Pemasaran Motor Vario (New)

Strategi pemasaran yang dilakuakan perusahaan Honda dalam strategi pemasaran produk Vario New/ Honda Vario 150 Cc dengan “Pengembangan Produk”, yaitu dengan menambahkan beberapa keunggulan produk dibandingkan produk terdahulunya diantaranya :

1.      Vario 150 menggunakan dimensi panjang 1.921 milimeter, lebar 683 mm, dan tinggi 1.096 mm dengan kapasitas tangki bensin dan bobot kosong 109 kilogram.Vario 150 menggunakan ban jenis tubeless berukuran 80/90-R14 di bagian depan dan 90/90-R14 di bagian belakang.

2.      Mesin 150 cc yang digunakan Vario 150 cukup responsif. Tenaga sebesar 9,3 kW pada 8.500 RPM dan torsi 12,8 Nm pada 5.000 RPM yang dimiliki mesin tersebut sehingga terasa sangat bertenaga pada putaran bawahnya.

3.      Lampu depan menggunakan model Dual Keen Eyes LED yang memiliki intensitas cahaya lebih terang, pemakaian daya listrik yang lebih hemat serta memilliki daya tahan lebih lama.

4.      Dilengkapi fitur Answer Back System, serta fitur-fitur ciri khas skutik (scooter matic) Honda seperti standar samping otomatis (Side Stand Switch), Brake Lock, dan pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter). Ruang penyimpanan bawah jok memiliki kapasitas 18 liter yang mampu menyimpan helm full face.

·         Strategi Pemasaran Buku Matematika Erlangga

Sama halnya dengan strategi pemasaran yang dilakukan Honda dalam menentukan Strategi pemasaran yang baik dengan Pengembangan Produk”, begitu juga dengan Buku-buku terbitan penerbit Erlangga, Penerbit Erlangga menentukan strategi pemasaran produknya dengan memasarkan bukunya berbasis online dengan mengikuti perkembangan dunia maya yang semakin baik, calon pembeli dapat mengakses website buku yang diminati melalui situs http://www.bukuerlangga.com , dan pengembangan produk yang dilakukan oleh penerbit erlangga dengan menerbitkan Buku-Buku khususnya matematika dengan mengikuti pendekatan Kurikulum-Kurikulum yang ditentukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), seperti buku terbitan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 dan mengembangkan produknya dengan Buku terbitan Kurikulum 2013.

4.      Jelaskan pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya?

·         Definisi Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran suatu Perusahaan dirumuskan Terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.


Lingkungan Pemasaran dibedakan :

1.      Lingkungan Mikro, terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, yaitu, Perusahaan, Pelanggan, Pensuplai bahan baku, Pesaing, Para perantara, Anggota masyarakat.

2.      Lingkungan Makro, terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan,yaitu, Kependudukan (Demografi), teknologi (Media Sosial), Ekonomi (Fluktuasi Tingkat Inflasi dan pengaruhnya pada bahan baku), Politik dan hukum, Fisik (Bentuk Produk), Sosial/budaya (Trend).

·         Strategi Pabrik Rokok dalam Lingkungan Pemasaran

Pada Lingkungan Pemasaran Makro salah satu pengaruh ada sebuah permintaan yaitu Kekuatan, Sosial Budaya, atau trend yang terjadi dimasyarakat yang membuat ketertarikan pelanggan terhadap rokok menjadi semakin meningkat. Jika dikolerasikan apakah Pabrik Rokok memasarkan dan menerangkan rokok itu berbahaya atau tidak, sebenernya sesuai dengan kebijakan pemerintah hal tersebut sudah dilakukan, Namun dalam pemasaran produknya tidak secara eksplisit Perusahaan menerangkan bahwa produknya berbahaya bagi kesehatan. Jika dilihat dari Undang-Undang Pasal 32 undang-undang RI Nomor & Tahun 1996 Tentang Pangan yaitu:

1)      Setiap Label dan atau Iklan tentang pangan yang diperdagangkan harus memuat keterangan mengenai pangan dengan benar dan tidak menyesatkan

2)      Setiap Orang dilarang memberikan keterangan atau pernyataan tentang pangan yang diperdagangkan melali dalam dan atau dengan label atau iklan apabila keterangan atau pernyataan tersebut tidak benar dan atau menyesatkan

Berdasarkan Undang-undang diatas Perusahaan-Perusahaan rokok dengan benar menerangkan setiap kandungan yang ada didalamnya di produk yang akan dijual, hal ini juga diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor  19  Tahun  2003 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan Pada Pasal 6 Mengenai Keterangan Pada Label :

(1)  Setiap orang yang memproduksi rokok wajib mencantumkan informasi tentang kandungan kadar nikotin dan tar setiap batang rokok, pada label dengan penempatan yang jelas dan mudah dibaca.

(2)  Pencantuman informasi tentang kandungan kadar nikotin dan tar sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditempatkan  pada salah satu sisi kecil setiap kemasan rokok, dibuat kotak dengan garis pinggir 1 (satu) mm, warna kontras antara warna dasar dan tulisan, ukuran tulisan sekurang-kurangnya 3 (tiga) mm, sehingga dapat jelas dibaca.

Berdasarkan peraturan-peraturan yang dikeluarkan pemerintah dan penerapan yang dilakukan perusahaan rokok, penulis menyimpulkan Lingkungan Pemasaran pada perusahaan Rokok terletak pada aspek “social” dan ditambah dengan zat addictive yang ada didalamnya yang membuat peruhasaan rokok dapat memasarkan produknya, karena berdasarkan kebijakan pemerintah penulis melihat bahwa berbagai perusahaan rokok menerapkan standar produk sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku, terkait keterangan usia dan atau kondisi kesehatan bagi ibu hamil dalam larangan mengkonsumsi produk rokok tersebut, hal ini kembali lagi dari sudut pandang bagaimana setiap calon pembeli menilai produk rokok tersebut sebagai sebuah kebutuhan atau hanya sekedar refleksi dari aspek social seperti pergaulan, regulasi stress dan lainnya.





5.      Jelaskan yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!

·         Definisi Perilaku Konsumen

Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1990), Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan tersebut.

Sedangkan The American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses konsumsi (Peter & Olson, 2005).

·         Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pemasaran

Tiga Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Konsumen



1)      Konsumen Individu  Pilihan merek dipengaruhi oleh ; (1). Kebutuhan konsumen, (2). Persepsi atas karakteristik merek, dan  (3). Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.

2)      Pengaruh Lingkungan  Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh (1). Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan), (2). Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen), (3). Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi) dan (4). Faktor menentukan yang situasional ( situasi dimana produk dibeli seperti keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).

3)      Marketing strategy   Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah (1). Barang, (2). Harga, (3). Periklanan dan (4). Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran.

  Ketika konsumen telah mengambil keputusan kemudian evaluasi pembelian masa lalu, digambarkan sebagai umpan balik kepada konsumen individu. Selama evaluasi, konsumen akan belajar dari pengalaman dan pola pengumpulan informasi mungkin berubah, evaluasi merek, dan pemilihan merek. Pengalaman konsumsi secara langsung akan berpengaruh apakah konsumen akan membeli merek yang sama lagi.

·         Analisis Perilaku Konsumen Jika Penulis Sebagai Manajer Pemasaran PT Coca-Cola

Jika Penulis diposisikan sebagai Manajer Pemasaran PT Coca-Cola, Penulis akan menganalisa perilaku konsumen berdasarkan dari factor lingkungan dari setiap wilayah yang ingin dipasarkan, karena setiap wilayah memiliki trend permintaan yang berbeda, dan menentukan posisi penekanan pemasaran per wilayah berdasarkan historis data penjualan agar target penjualan terkait produk yang dipasarkan tercapai.

6.      Apakah yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!

Business to business atau B2B adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya.atau B2B dapat digambarkan bagaimana proses perusahaan yang mengolah barang mentah ke perusahaan distributor.Kebalikan dari B2B, business to customer atau B2C adalah bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung. Dengan kata lain, bisnis yang Anda lakukan berhubungan langsung dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.

Contoh B2B dan B2C, yaitu :

·         Business to business (B2B )

Perusahaan Handphone Brand Luar seperti Apple, Samsung, Xiaomi dan lainya melakukan transaksi dengan distributor Indonesia seperti PT. Teletama Artha Mandiri, atau lebih dikenal oleh konsumen Handphone dengan garansi TAM.

·         Business to customer (B2C)

Proses transaksi Perusahaan Distributor langsung ke tangan konsumen, seperti transaksi penjualan yang dilakukan Perusahaan TAM kepada konsumen,

7.      Bagaimana tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidot !

·         Lima Tahapan Utama dalam Riset Pemasaran

a.    Merumuskan Tujuan Riset

Perumusan tujuan riset sangat berkaitan dengan masalah atau peluang pemasaran. Contoh sederhana, seseorang yang sedang kesulitan keuangan untuk modal akan menumbuhkan peluang bagi orang yang ingin menanam modal.

Untuk mengeksplorasi masalah pemasaran yang menjadi objek riset, ada lima teknik eksplorasi yang dapat membantu, yakni:

1.      Brainstorming

2.      Ease Study

3.      Experience Interview

4.      Fishbone Technique

5.      Why-why Question

b.   Penentuan Desain Riset

Menurut Parasuraman, Aaker, W. Emory dan D. Cooper, serta Maholtra desain riset pemasaran terbagi tiga jenis yakni :

1)      Exploratory research design, melalui desain riset ini diharapkan kasus pemasaran yang (akan) dihadapi tersebut dapat didefinisikan atau dijelaskan lebih spesifik.

2)      Descriptive research design, bertujuan untuk memahami gambaran atau deskripsi kasus pemasaran secara mendetail, yang dapat mengacu pada jenis pertanyaan 5W+1H.

3)      Cause effect research design, bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan sebab-akibat dari variabel-variabel kasus pemasaran.

c.    Pengumpulan Data

1)      Untuk metode riset kualitatif,pengumpulan informasi dapat menggunakan FGD, in depth interview, projective technique, atau desk research.

2)      Untuk metode riset kuantitatif, pengumpulan data umumnya dilakukan perusahaan riset melalui wawancara tatap muka, telepon, surat, atau Internet.

d.   Analisis Data

Beberapa visualisasi diagram pemasaran untuk analisis data dan laporan riset pemasaran berdasarkan laporan data historis penjualan sebelumnya,dalam menetukan tingkat produk yang ingin dipasarkan

e.    Laporan Akhir Hasil Riset

1)      Menurut Wong Toon Quee (1999), tujuan utama dari laporan akhir riset pemasaran adalah menyampaikan hasil riset dan kesimpulan yang diperoleh, serta rekomendasi jika diperlukan dengan cara yang jelas dan ringkas.

2)      Bagi kalangan praktisi, laporan riset dapat dibuat dengan pendekatan laporan lengkap standar atau populer.

3)      Sedangkan bagi kalangan akademisi, laporan riset umumnya sudah memiliki format standar.

·         Analisa Pemasaran produk Pizza di Economart / Econodot di Kampus

Jika penulis ingin memasarkan Produk Pizza di Economart atau Econodot Penulis akan mencoba menganalisa Produk yang akan dijual berdasarkan lima tahapan diatas, dan menentukan segmentasi dan target penjualan berdasarkan rata-rata produk dengan range harga yang sama, dan menentukan harga jual berdasarkan penyesuaian produk bauran/ukuran dan topping untuk menekan biaya produksi.
8.      Jelaskan kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !

    Kasus yang penulis ketahui di tahun 2016 yaitu produk Samsung Galaxy Note 7 yang ditarik kembali secara global dan Perusahaan Samsung berhenti memasarkan produknya karena kasus ponsel pintar tersebut yang memiliki permasalahan pada indicator baterai sehingga berpotensi membahayakan konsemun.

    Dari kasus diatas dapat terlihat bagaimana bentuk pelayanan dan tanggungjawab perusahaan terkait perlayanan terhadap konsumen untuk tetap mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, baik mengenai berita baik maupun berita buruk walaupun berdampak pada penjualan, namun dari sisi pemasaran langkah yang diambil merupakan langkah yang baik untuk mempertahankan hubungan yang baik kepada pelanggan yang setia dan percaya pada produk Samsung.


DAFTAR PUSTAKA

Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Buku 1, Edisi 16, Salemba Empat.
Arlina Nurbaity Lubis, 2004, Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis
Acceses link Google Books :







0 comments:

Post a Comment